Ketik pencarian yang Anda inginkan

3 Bahan Alami Dapat Meringankan Flu

Saat ini Anda sedang sakit flu dan ingin mencari obat nonkimia? Sebenarnya banyak baha-bahan alami di sekitar kita untuk dimanfaatkan sebagai obat flu loh. Berikut bahan alami yang dapat digunakan dan mudah dicari:

Bawang Merah :
Anda dapat memanfaatkan bawang merah sebagai obat pereda ketika Anda terserang flu. Kandungan phytochemicaldan anti-bakteri pada bawang merah dipercaya mampu mengatasi flu yang tentunya membuat tidak nyaman hidung Anda. Biasa mengonsumsi bawang merah mentah dengan mencampurkannya bersama sayuran, Anda dapat juga mengirisnya atau menghaluskan bawang merah lalu hirup lah aroma bawang merah tersebut untuk melegakan pernafasan Anda.

Teh Hijau :
Kandungan dari teh hijau memiliki antioksidan yang dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh terhadap virus flu. Untuk itu, konsumsi teh hijau bisa juga membantu meredakan pilek dan juga flu. Minumlah 2 cangkir teh hijau setiap hari mampu menjauhi risiko orang terkena flu hingga 70%. Anda dapat menikmati teh hijau dengan cara menyeduhnya dalam waktu yang lama pada suhu air lebih dari 100º C mampu meningkatkan konsentrasi catechin.

Air Garam :
Berkumur dengan air garam hangat dapat membantu melembapkan tenggorokan yang sekaligus membantu melegakan hidung yang tersumbat lendir serta tenggorokan yang sakit dan gatal karena terus-terusan batuk untuk membuang dahak. Bagi yang masih sehat, berkumur air garam bisa mencegah agar Anda tak tertular virus flu. Hanya perlu melarutkan setengah sendok teh garam dalam satu gelas air hangat. Setelah itu, kumur-kumur ke kanan, kiri, dan atas selama beberapa detik, lalu buang airnya. Air bekas berkumur jangan ditelan, ya!