Ketik pencarian yang Anda inginkan

3 BAHAN ALAMI Membantu Menjaga Daya Tahan Tubuh

Demam berdarah atau DBD bisa membuat trombosit atau sel darah putih di tubuh Anda menurun drastis, dan membuat perdarahan internal yang bisa merusak organ atau sel jaringan tubuh sehat. Meski begitu, tidak ada salahnya untuk Anda mencoba beberapa obat alami ataupun herbal untuk membantu daya tahan tubuh selama anda mengalami DBD. Mari simak, apa saja yang bisa Anda gunakan di bawah ini.

1. Daun Pepaya

Dua peneliti dari India telah meninjau laporan-laporan penelitian yang telah dilakukan dan mendapatkan bahwa ekstrak daun pepaya dapat membantu meningkatkan angka trombosit dalam darah seseorang yang mengalami demam berdarah dengue. Ini diduga karena daun pepaya dapat membantu menstabilkan dinding sel keping darah sehingga tidak mudah dihancurkan oleh virus dengue.

2. Sari Kurma

Sari buah kurma sangat efektif untuk mengatasi berbagai macam penyakit salah satunya adalah demam berdarah. Salah satu manfaat dari sari buah kurma adalah bermanfaat untuk menaikkan jumlah trombosit yang ada di dalam tubuh. Sari buah kurma ini sangat bagus dikonsumsi secara rutin agar tubuh menjadi sehat.

3. Angkak

Merupakan jenis beras merah yang difermentasi dengan ragi Monascus purpureus. Pasien DBD mempunyai kadar trombosit yang rendah yang membuat penyakitnya semakin parah. Dengan pemberian angkak yang dapat membantu peningkatan kadar trombosit, maka pasien DBD kemungkinan lebih cepat sembuh.