Ketik pencarian yang Anda inginkan

5 Jenis buah yang aman untuk diabetes


Menderita diabetes bukan berarti Anda tidak diperbolehkan mengonsumsi buah-buahan. Meski memiliki rasa manis, sebagian buah aman dimakan oleh penderita diabetes.

Umumnya rasa manis pada buah berasal dari gula alami dengan indeks glikemi rendah, sehingga minim risiko meningkatkan gula darah berlebihan. Selain itu, buah juga mengandung sumber-sumber alami vitamin, mineral, dan serat yang berperan penting bagi metabolisme tubuh.

Berikut beberapa jenis buah yang aman untuk diabetes :

Apel memiliki kandungan tinggiserat, vitamin C, antioksidan dan pektin. Bagi tubuh, pektin membantu detoksi kasi dan asam galacturonic yang telah terbukti untuk menurunkan kebutuhan insulin. Buah Apel memiliki indeks glikemik yang rendah berada pada peringkat 38.

Buah inimemilikikandunganserat yangtinggi.Stroberi baikuntuk dikonsumsi tanpa diolah terlebih dahulu untuk memperoleh vitamin C yang dikandungnya. Selain itu, manfaat stroberi adalah kemampuannya membersihkan noda di gigi.

Kiwi mengandung vitamin C, E, A dan berbagai mineral. Kandungan serat yang tinggi pada kiwi dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan menurunkan kolesterol. Selain itu, vitamin dalam buah kiwi memberikan perlindungan radikal bebas meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Penderita diabetes sangat tepat mengonsumsi buah ceri yang tinggi kandungan kalsium dan antioksidan pada ceri sangat tinggi. Dua nutrisi tersebut dapat mendukung kekebalan tubuh penderita diabetes. Namun, waspadai ceri dalam kemasan ataupun yang ditaruh sebagai hiasan kue, karena risiko penambahan pemanis buatan.

Buah ini pantas menjadi pilihan bagi penderita diabetes karena rendah karbohidrat dan kalori. Jeruk memiliki peringkat 48 pada indeks glikemik. Serat yang tinggi dan kandungan vitamin C dari jeruk membantu mengontrol kadar gula darah. Jeruk mengandung naringenin yang membantu menyeimbangkan kadar insulin dan glukosa dalam darah.