Ketik pencarian yang Anda inginkan

Asupan Yang Tepat bagi Penderita Hipertensi

Apakah Anda penderita tekanan darah tinggi? Ya, masalah penyakit darah tinggi termasuk salah satu kondisi yang berbahaya. Tekanan darah tinggi berarti akan meningkatkan beberapa resiko penyakit lain seperti serangan jantung, stroke dan gangguan pada pembuluh darah. Selain itu tekanan darah tinggi juga dapat menyebabkan serangan penyakit pada ginjal, gangguan memori dan diabetes. Tekanan darah tinggi sering menyebabkan penyakit komplikasi yang beresiko lebih berat.

Salah satu cara cukup ampuh untuk kembali menstabilkan tekanan darah ialah melakukan diet sehat. Selain mengonsumsi makanan yang tinggi kaya akan serat seperti buah dan sayur, ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita hipertensi agar diet sehatnya berjalan dengan maksimal, diantaranya adalah:

1. Jangan Menkonsumsi Makanan Asin
Garam banyak mengandung sodium tinggi yang dapat merusak dinding arteri. Sodium tersebut menahan air di dalam tubuh. Saat air di dalam tubuh tertahan, sirkulasi darah menuju ginjal, otak dan jantung menjadi tidak lancar. Itu sebabnya penderita hipertensi harus membatasi pengonsumsian garam sehari-hari.

2. Makanan Olahan / Makanan Cepat Saji
Semua jenis makanan olahan atau makanan cepat saji sangat dilarang untuk penderita tekanan darah tinggi. biasanya semua jenis makanan kemasan dan makanan cepat saji banyak mengandung garam dan berbagai bahan perasan tambahan lain. Hal ini juga bisa meningkatkan resiko tekanan darah tinggi.

3. Merokok
Rokok memang bukan termasuk dalam makanan atau minuman. Tapi kebanyakan penderita darah tinggi yang masih merokok akan meningkatkan resiko terkena penyakit lain yang lebih berbahaya seperti jantung, stroke dan penyakit lain. Kebiasaan merokok harus ditinggalkan untuk meningkatkan kesehatan jantung.

4. Makanan Manis/Gula
Gula atau semua jenis makanan yang manis sebenarnya juga dilarang untuk penderita tekanan darah tinggi. Makanan manis dapat meningkatkan kadar gula dalam darah dan berat badan. Jika konsumsi gula berlebihan maka bisa meningkatkan resiko penyakit jantung dan stroke.