Ketik pencarian yang Anda inginkan

Berpuasa Bagi Penderita Maag

Bulan Ramadhan tiba dan tentunya umat muslim bersiap untuk menyambutnya. Ramadhan adalah dimana seluruh umat muslim di dunia menunaikan ibadah puasa. Berdasarkan penelitian, puasa tidak berakibat buruk pada penyakit maag seseorang, sebaliknya maag bisa sangat bermanfaat untuk mencegah maag dan mengurangi peradangan dalam lambung. Jika Anda memiliki riwayat penyakit maag dan akan menjalankan ibadah puasa sebaiknya simak tips berikut ini :

Jangan lewatkan sahur

Makan sahur sangat penting sebelum melaksanakan ibadah puasa karena bisa menjaga asupan energi yang dibutuhkan di siang harinya terutama bagi penderita maag sebaiknya jangan pernah abaikan sahur. Makanlah makanan bergizi yang cukup karbohidrat, protein dan serat serta anda juga bisa meminum susu hangat karena susu bisa mengurangi rasa tidak nyaman pada lambung kecuali bagi penderita lactose intolerance.

Hindari tidur setelah sahur

Hal ini bisa berbahaya bagipenderita maag karena tidur akan menyebabkan peningkatan gerak saluran cerna sehingga pengosongan lambung lebih cepat, pengeluaran asam lambung juga meningkat.Hal ini disebabkan pada saat tidur keluaran hormone non katekolamin meningkat . Hormon ini akan meningkatkan sekresi asam lambung dan gerak usus. Akibatnya saat bangun tidur perut kita menjadi lebih terasa lapar.

Kurangi makanan pedas, asam dan berminyak

Makanan pedas, asam dan berminyak bisa memicu iritasi pada lambung dan sebaiknya jika anda menderita maag hindari jenis makanan seperti ini. Sebaiknya hindari buah yang asam seperti lemon, jeruk, anggur dan tomat.

Makan secukupnya saat berbuka

Penderita maag dianjurkanuntuk berbuka dengan makanan secukupnya dan menghindari konsumsi makanan berlebih. Jangan jadikan momen berbuka puasa sebagai saat balas dendam karena makan berlebihan pada saat berbuka bisa menyebabkan produksi asam lambung berlebih. Berbukalah dengan sedikittakjil seperti kurma atau sedikit teh manis kemudian makanlah dalam porsi secukupnya setelah menunaikan shalat magrib.

Perbanyak konsumsi cairan

Tubuh kehilangan banyakcairan saat berpuasa dan untuk menggantikan cairan tubuhyang hilang saat berpuasa maka sebaiknya minumlah banyak air putih minimal 8 gelas setelah anda berbuka puasa dan saat sahur. Air juga bisanmenetralkan asam lambung dalam perut dan mengurangi resiko kambuhnya sakit maag. Meskipun demikian, ingatlah untuk menghindari minuman asam dan mengandung kafein seperti jus buah, sirup, soda atau minuman lain yang bisa memicu sakit pada lambung.

Sedia obat sakit maag

Jika anda rutin mengkonsumsi obat-obatan untuk sakit maag maka rutinlah meminumnya selepas berbuka puasa atau sesuai resep yang disarankan oleh dokter.