Ketik pencarian yang Anda inginkan

Cara Mengatasi Flu dan Pilek

8 Cara mengatasi flu dan pilek antara lain :

1. Perbanyak Minum Air Putih
Mengapa harus minum air puith? jawabannya simple, karena air putih memang mempunyai segudang manfaat yang diantaranya juga dapat membantu mengobati penyakit flu atau pilek.Usahakan minum air putih minimal 8 gelas / harinya. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga agar tenggorokan anda bersih dari kuman yang bisa menyebabkan flu.

2. Beristirahat Total
Kondisi tubuh yang lelah akan menyebabkan kekebalan tubuh melemah dan flu akan menyerang saat kondisi tubuh yang sistem kekebalannya melemah.Maka dari, sangat disarankan untuk anda melakukan istirahat total dan berhenti bekerja untuk sementara waktu, agar sistem kekebalan tubuh anda menjadi kembali seperti seharusnya.

3. Konsumsi Rempah-rempah yang Rasanya Hangat
Selain dengan menggunakan cara-cara yang sudah dijelaskan sebelumnya, Anda juga bisa mencoba minum ramuan rempah-rempah yang rasanya hangat seperti, kencur, jahe, kemangi, sereh.Atau bisa juga semua rempah-rempah berikut di satukan dan direbus dengan air secukupnya, lalu minum air rebusannya.

4. Tidur dengan Posisi Bantal Lebih Tinggi
Flu atau pilek akan sangat mengganggu aktivitas Anda, termasuk ketika tidur. Tidur menjadi kurang nyaman dan nyenyak saat Anda sedang flu, karena hidung yang tersumbat.Namun, Anda dapat melakukan cara alami dengan menggunakan bantal tambahan yang empuk ketika tidur, sehingga posisi kepala lebih tinggi dibandingkan badan. Posisi tersebut sangat membantu Anda agar tidak sulit bernapas ketika flu menyerang.

5. Terapi Uap Tradisional
Penguapan merupakan salah satu cara tradisional yang dipercaya ampuh untuk mengatasi flu. Caranya masukan air panas ke dalam baskom.Gunakan handuk menutupi kepala Anda, dan tempatkan wajah anda di atas baskom tersebut. Agar hasilnya lebih optimal, anda bisa mencampurkan minyak kayu putih, kunyit, jahe atau rempah-rempah lainnya.

6. Gunakan Aroma Mentol/ Mint
Menggunakan aroma mentol atau mint adalah salah satu cara dalam mengatasi penyakit flu atau pilek.Caranya mudah, anda hanya perlu mengoleskan minyak kayu putih atau balsam di dekat lubang hidung, tenggorokan dan dibagian dada anda.

7. Mandi dengan Air Hangat
Saat anda mengalami flu, usahakan jangan mandi menggunakan air dingin. Tapi selalu gunakan air hangat tujuannya yaitu untuk menjaga agar tubuh tetap hangat. Hindari minuman atau makanan yang mengandung es.

8. Sering membuang ingus
Sangat penting untuk membuang ingus (basa jawa: Sisi) secara teratur ketika ada banyak ingus di hidung. Hal ini penting untuk membuang virus-virus dan mungkin bakteri yang ada di dalamnya. Lakukan secara perlahan dengan bergantian, yakni tutup salah satu lubang hidung lalu sisikan, demikian pula sebaliknya.