Ketik pencarian yang Anda inginkan

Diabetes, tetap bisa makan enak kok

Banyak yang beranggapan makanan untuk penderita diabetes itu tidak enak, karena sedikitnya kandungan gula. Tunggu dulu! itu salah, banyak kok makanan enak yang aman untuk penderita diabetes, asal kamu pintar mengolahnya. Apa sajakah itu?
1.Beras Merah
ini yang paling pokok, tipe orang Indonesia tidak bisa makan tanpa nasi. Perlu diingat bahwa nasi putih memiliki kadar gula yang tinggi. Untuk mengakalinya, kamu bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah yang rendah gula. Rasanya sama saja kok, bahkan lebih sehat.

  1. Oatmeal
Kalau kamu lagi gak mood makan nasi, bisa mengganti bahan karbohidrat dengan oatmeal. Tapi jangan ditambah gula ya. Kamu bisa menggantinya dengan buah-buahan mulai blueberry, pisang, dan strawberry.

  1. Sayur bayam
Menurut penelitian, sayur bayam mengandung nutrisi lutein yang baik buat penderita diabetes, terutama untuk bagian mata. Kamu bisa mengolahnya menjadi sayur bayam kuah atau sekedar dibuat lalapan.
  1. Pop Corn
Menonton bioskop tak lengkap jika tanpa popcorn. Namun, popcorn di bioskop biasanya punya banyak rasa, mulai dari asin, karamel, dan lain-lain. Nah, kamu yang punya "bakat" diabetes, masih bisa makan popcorn, asal tidak menambahkan rasa apapun. Tetap enak dan gurih, kok rasanya.

  1. Daging tanpa lemak
Tak ada masalah makan daging bagi penderita diabetes. Yang perlu diingat adalah hilangkan bagian lemaknya dan jangan digoreng dengan minyak. Akan lebih sehat jika direbus, dipanggang, atau dibakar.
  1. Ikan laut
Penderita diabetes juga tidak dilarang makan ikan. Sama seperti daging, cara pengolahannya adalah dengan dikukus, dipanggang, atau dibakar. Lalu, pilihlah ikan-ikan yang mengandung omega 3, seperti tuna, salmon, dan sarden. Hindari ikan dengan kadar merkuri tinggi, seperti tongkol.

  1. Brokoli
Selain bayam, sayuran lain yang baik bagi penderita diabetes adalah brokoli. Brokoli mengandung senyawa sulforaphane yang bisa memperbaiki dan melindungi dinding pembuluh darah dari kerusakan kardiovaskular akibat diabetes.

  1. Ubi Jalar
Kalau kamu mau mendapat karbohidrat yang manis tanpa takut gula darah naik, kamu bisa mengonsumsi ubi jalar. Menurut penelitian, ubi jalar bisa mengurangi HbA1c sebanyak 0,3 hingga 0,57 persen dan mempercepat proses glukosa darah. Ubi jalar juga memiliki indeks glukosa lebih rendah, sehingga membuatnya aman dikonsumsi penderita diabetes.