Ketik pencarian yang Anda inginkan

Hidup Sehat Dibulan Puasa

Hidup sehat di bulan puasa

Memasuki bulan Ramadhan, dimana umat Islam diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Hal ini pastinya Anda mengalami perubahan pola tidur dan makan yang signifikan dari hari biasanya. Walaupun begitu, puasa memiliki banyak manfaat, tentu jika dijalankan dengan cara yang sehat dan harus disiasati dengan benar agar tubuh tetap sehat dan bugar dalam menjalankan aktifitas selama bulan puasa.
Adapun tips sehat selama bulan puasa adalah:
  1. Peran sahur saat berpuasa sangatlah penting. Menu yang dimakan bisa memengaruhi kerja tubuh Anda selama seharian penuh. Konsumsilah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti ubi, jagung, singkong, oatmeal, roti gandum dan nasi merah karena bantu menahan kenyang lebih dari 6 jam. Protein, buah, sayur serta air putih yang cukup juga bantu menjaga stamina selama puasa.
  2. Di waktu terpanas di siang hari, hindari berlama-lama di terik matahari dan kurangi aktifitas fisik.
  3. Jika memiliki waktu luang di sore hari, sempatkan untuk berolahraga ringan seperti jalan sore, bersepeda santai, ataupun senam ringan. Hal ini sangat baik untuk menjaga kebubagaran tubuh dan memperlancar peredaran darah.
  4. Cukupi asupan air tubuh anda. Usahakan untuk meminum setidaknya lima gelas air putih sebelum tidur dan pada waktu sahur.
  5. Batasi konsumsi makanan yang terlalu manis dan mengandung banyak gula, karena justru dapat membuat tubuh lemas di siang hari.
  6. Berbuka puasa dengan makan secukupnya. Langsung memakan banyak makanan hanya akan membuat perut terasa sesak akibat lambung akan mengecil dan enzim-enzim pencernaan berkurang. Para pakar kesehatan menganjurkan untuk makan secara bertahap, mulai dari air putih beberapa teguk, sedikit makanan manis, dan selang minimal setengah atau satu jam baru makan besar.
  7. Mengonsumsi Vitamin dari Buah dan Sayur
Kondisi tubuh pada bulan ramadhan memang sangat rentan penyakit karena menurunnya daya tahan tubuh kita saat berpuasa, tapi hal ini dapat kita hindari dengan mengonsumsi cukup vitamin pada saat sahur dan berbuka. Vitamin yang paling baik terdapat pada sayur dan buah-buahan, maka dari itu usahakan untuk selalu mengonsumsi sayur dan buah pada saat sahur maupun berbuka. Mengonsumsi buah dan sayur dapat menambah energimu saat berpuasa sehingga kamu tidak mudah lelah dan produktifitas tetap terjaga.