Ketik pencarian yang Anda inginkan

KETAHUI PERSYARATAN AGAR DAPAT DISUTIK VAKSIN COVID 19


Vaksinasi covid-19 di Indonesia telah dimulai sejak Rabu, 13 Januari 2021, ditandainya dengan penyuntikan perdana Kepada Bapak Ir. Joko Widodo (presiden Republik Indonesia). Vaksinasi dilakukan secara serentak. Pada awal vaksinasi diprioritaskan untuk golongan tenaga medis yang memiliki resiko besar tertular covid 19, karena berhadapan langsung dengan para penderita covid. Selanjutnya dipriorotaskan untuk para lansia yang juga beresiko tinggi dan berakibat fatal bila tertular Covid-19. Meskipun diprioritaskan untuk golongan tertentu terlebih dahulu, namun tidak semua golongan tertentu tersebut serta merta dapat divaksin. Hanya orang dewasa yang sehat dengan usia diatas 18 tahun yang dapat diberikan vaksin Covid-19.

Adapun persyaratan yang boleh dan tidak boleh disuntik vaksin covid 19 adalah

  1. Jika suhu tubuh diatas 37,5 C dan atau tekanan darat diatas 180/110 mmHg, maka yang bersangkutan belum dapat diberikan vaksinasi hingga suhu tubuh maupun tekanan darah terkontrol.
  2. Orang yang pernah terkonfirmasi positif covid dapat dilakukan vaksinasi setelah 3 bulan sejak dinyatakan sembuh
  3. Ibu hamil tidak akan diberikan vaksin tetapi untuk ibu menyusui dapat diberikan vaksinasi.
  4. Riwayat alergi berat terhadap vaksinasi. Untuk golongan ini dapat diberikan vaksinasi dengan pengawasan ketat dan dilakukan di Rumah Sakit. Bila terjadi reaksi alergi maka vaksinasi berikutnya dihentikan.
  5. Tidak bisa diberikan vaksin kepada penderita penyakit kronik akut atau belum terkendali seperti penyakit paru obstruktif kronis, asma, dan penyakit jantung, gangguan ginjalyang sedang dalanm kondisi akut , dan penyakit hati atau liver, penyakit metabolik, hipertensi, yang belum terkendali.