Ketik pencarian yang Anda inginkan

Konsumsi ini Ketika Diare

Konsumsi ini ketika Diare

Saat diare menyerang, Anda akan merasakan sakit di sekitar perut, mulas, dan diikuti dorongan kuat untuk buang air besar (BAB). Kondisi ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari Anda..

Dengan memilih makanan yang tepat, diare bisa reda dan aktivitas kembali seperti semula. Untuk mengatasi dan meringankan diare, Anda harus jeli dalam memilih makanan dan minuman pendamping diare agar tidak semakin parah.

Makanan dan Minuman yang Wajib Dikonsumsi Ketika Diare

  • Konsumsi cairan yang tepat
    Diare bisa membuat tubuh Anda kehilangan banyak cairan dan ion tubuh. Jika tidak segera diatasi, Anda dapat mengalami dehidrasi yang bisa berakibat fatal. Untuk menggantikan cairan dan ion tubuh yang hilang ketika diare, Anda dapat mengatasinya dengan meminum cairan isotonik yang mengandung elektrolit. Untuk anak yang mengalami diare, Anda dapat memberikan cairan oralit.
  • Nasi putih dan bubur: Beras putih mengandung karbohidrat yang mampu mengembalikan energi dan juga sebagai makanan yang baik untuk dikonsumsi saat diare. Anda bisa mengolah beras menjadi bubur agar mudah dicerna oleh usus dan lambung. Namun,  hindari menggunakan beras merah, karena meski sehat, beras merah mengandung gas sehingga kurang baik dikonsumsi saat diare.
  • Buah pisang: Orang yang sedang diare dianjurkan untuk makan pisang, karena pisang mengandung pektin yang berguna untuk membuat bentuk tinja menjadi padat. Selain itu, kandungan karbohidrat dalam pisang bisa menambah energi untuk membantu melewati diare yang Anda alami.
  • Mengonsumsi makanan berkuah
    Ketika Anda terserang diare, cobalah untuk terus mengonsumsi cairan melalui makanan yang berkuah. Makanan lezat berkuah yang bisa Anda konsumsi saat diare, antara lain sup ayam dan sup sapi.

Makanan yang Perlu Dihindari Saat Diare

·         Makanan berminyak dan berlemak :  makanan berminyak dan berlemak dapat menegangkan otot perut, sehingga menyebabkan diare makin parah. Makanan-makanan ini juga dapat memperlambat pengosongan lambung, yang membuat orang merasa kembung.

·         Alkohol dan kafein,  baik alkohol maupun kafein, keduanya dapat menyebabkan Anda mencret. Jika Anda terbiasa minum kopi di pagi atau malam hari, sebaiknya berhenti untuk sementara waktu agar tidak memperburuk diare.

 

  • Produk olahan susu
    Hentikan konsumsi produk olahan susu sementara waktu. Diare membuat usus kesulitan memproduksi enzim laktase yang diperlukan tubuh untuk mencerna laktosa (gula yang ditemukan dalam produk susu).
  • Makanan pedas
    Rasa pedas dari makanan umumnya berasal dari cabai. Zat capsaicin pada cabai inilah yang menimbulkan rasa pedas. Meskipun nikmat, makanan pedas perlu dihindari saat diare, karena capsaicin dapat mengiritasi saluran pencernaan sehingga memperparah diare.