Ketik pencarian yang Anda inginkan

Makanan Yang Harus Dihindari Bagi Penderita Maag Pada Saat Berpuasa

Makanan yang harus di hindari bagi penderita mag pada saat puasa
Memasuki bulan Ramadhan. Sebagaimana yang kita ketahui, berpuasa merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan selama sebulan penuh. Adapun menu sahur dan berbuka sangat penting untuk diperhatikan, terutama bagi Anda yang menderita maag. Selama puasa, asam lambung memang akan mengalami peningkatan. Namun, ini hanya terjadi selama 10 hari pertama. Setelah itu, kondisi keasaman lambung akan menurun dan gejala maag pun lebih jarang terjadi.
Puasa tak akan membuat maag kambuh jika Anda tetap menjaga pola makan dengan tepat. Ada beberapa makanan yang harus dihindari antara lain:

- Makanan Bergas
Makanan mengandung gas akan membuat asam di dalam lambung menjadi naik. Sehingga perut akan terasa sakit dan perih. Beberapa makanan bergas yang perlu dihindari antara lain sawi, nangka dan kol. Penderita maag yang nekat mengonsumsi makanan ini dapat membuat maagnya kambuh.

- Buah-buahan Tertentu
Meskipun buah sangat dianjurkan untuk dikonsumsi, namun penderita mag tidak boleh asal mengonsumsi buah tersebut. Buah yang sebaiknya dihindari antara lain buah nanas, durian, belimbing, belimbing wuluh dan mangga muda. Karena buah tersebut mengandung asam tinggi yang dapat memicu naiknya asam lambung.
- Susu Full Cream
Bagi Anda pecinta susu full cream, sebaiknya Anda menghindari jenis minuman ini selama puasa. Karena jenis minuman ini sangat sulit dicerna oleh lambung. Dan jika dibiarkan kondisi ini tentu saja dapat membuat perut terasa kembung dan hal ini pun sangat memicu maag Anda kambuh kembali. Selain susu full cream, Anda juga harus menghindari minuman bersoda dan minuman yang mengandung kafein.

- Makanan Berlemak dan Berminyak
Menu buka puasa dan sahur yang sebaiknya dihindari selanjutnya adalah makanan yang kaya akan lemak dan minyak. Makanan yang kaya lemak dan minyak juga sangat sulit dicerna. Hal ini tentu saja dapat membuat lambung bekerja keras dalam mencerna makanan. Beberapa makanan berlemak dan berminyak yang perlu dihindari adalah gorengan, jeroan, kue tart dan juga cokelat.

- Hindari Menu Makanan Berat Ketika Berbuka
Ketika buka puasa, mengonsumsi makanan berat juga tidak dianjurkan. Karena untuk mencegah lambung bekerja mendadak. Lambung yang mendadak bekerja keras tentu saja dapat meningkatkan asam lambung. Jika tidak segera diatasi hal ini dapat membuat dinding lambung terluka. Bagi Anda yang ingin mengonsumsi makanan berat seletah buka puasa, pastikan Anda melakukan beberapa kegiatan setelah sholat tarawih. Hal ini sangat berguna untuk menghindarkan Anda dari kondisi yang tidak diharapkan.

- Makanan Pedas
Sudah menjadi rahasia umum jika seseorang yang menderita penyakit maag harus menghindari makanan yang bercitarsa pedas. Tak hanya dapat mengiritasi lambung saja, makanan pedas juga dapat membuat perut menjadi tidak nyaman. Beberapa makanan pedas yang sebaiknya dihindari antara lain saos tomat, saus panas, cabai, sambal, saos cabai serta semua makanan yang mengandung merica yang berlebih.

- Makanan yang Mengandung Alkohol
Tak hanya pada saat puasa saja, makanan yang difermentasikan seperti tape singkong, tape ketan, manisan buah dan sayur juga sering dihidangkan ketika lebaran. Namun tahukah Anda makanan tersebut mengandung alkohol yang tidak boleh dikonsumsi penderita maag. Agar asam lambung tidak naik, sebaiknya Anda menghindari makanan tersebut.