Ketik pencarian yang Anda inginkan

Mitos Seputar Diet Anda

Memiliki berat badan yang ideal adalah impian semua orang, tak heran banyak yang berlomba-lomba untuk melakukan suatu metode diet, banyak mitos yang diyakini dapat menurunkan berat badan secara cepat dan efektif seperti selama ini kamu percaya bahwa untuk menurunkan berat badan perlu menghindari asupan lemak, menahan lapar, atau olahraga berlebihan. Yuk, cari tahu fakta di balik mitos diet yang tidak benar, adapun penjelasannya adalah sebagai berikut :

Banyak minum air putih efektif menurunkan berat badan
Minum air putih dalam jumlah banyak tidak akan mempengaruhi berat badan Anda secara langsung. Hanya saja, jika mengonsumsi air putih lebih sering dan lebih banyak, Anda akan merasa kenyang lebih lama. Tapi ingat, yang dikonsumsi adalah air putih yang mengandung 0 kalori. Bukan minuman berasa lain, yang justru mengandung gula sederhana. Ini karena jenis minuman tersebut bisa mendatangkan bahaya bila dikonsumsi secara berlebihan.

Karbohidrat menyebabkan tubuh gemuk
Mitos ini tidak sepenuhnya benar, karena jika dikonsumsi dalam porsi yang tepat, karbohidrat tidak akan menyebabkan kegemukan. Kamu hanya perlu memilah dengan bijak jenis karbohidrat yang dikonsumsi untuk memperoleh manfaat karbohidrat. Makanan yang mengandung karbohidrat dan baik untuk dikonsumsi di antaranya aneka jenis sayur dan buah berserat, kacang-kacangan dan biji-bijian.

Jangan sarapan untuk menurunkan berat badan
Ini merupakan mitos yang keliru, karena sarapan menjadi bagian penting dari diet menurunkan berat badan. Jika kamu tidak sarapan di pagi hari, kadar gula darah yang rendah dapat memicu peningkatan hormon lapar. Kamu bisa merasa kelaparan saat jam makan siang tiba, atau bahkan sebelumnya. Efeknya, keinginan untuk mengonsumsi makanan tidak sehat dan makanan berlemak akan jauh lebih besar.

Makan malam saat diet adalah tindakan yang salah
Ini keliru. Tidak ada penelitian yang menyatakan bahwa makan malam menyebabkan peningkatan berat badan. Makan malam justru dapat membuat metabolisme tubuh berjalan normal, sehingga kualitas tidur Anda juga menjadi lebih baik. Ingat, kualitas tidur yang baik berperan pada penurunan berat badan yang sedang Anda usahakan.Namun lagi-lagi, yang perlu Anda perhatikan adalah jumlah kalori yang dikonsumsi dalam sehari, dan jenis makanan apa yang dikonsumsi pada malam hari.

Hindari asupan lemak
Tubuh tetap membutuhkan lemak untuk memenuhi kebutuhan energi serta memperbaiki sel tubuh. Kamu hanya perlu bijak dalam memilih makanan berlemak, yaitu pilih makan mengandung lemak sehat, seperti buah alpukat, kacang-kacangan, ikan, dan biji-bijian. Batasi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans, seperti daging merah, mentega, dan berbagai makanan olahan yang tak sehat (contoh: keripik, kerupuk, dan berbagai kue.

Penggunaan alat bantu untuk mengeluarkan keringat dapat turunkan berat badan
Banyak alat bantu untuk mengeluarkan keringat yang mengklaim dapat membantu menurunkan berat badan. Padahal, keringat yang dikeluarkan karena alat tersebut adalah cairan dari dalam tubuh, bukan akibat proses pembakaran lemak.Dengan kata lain, penggunaan alat tersebut hanya mampu mengeluarkan cairan dari dalam tubuh. Sedangkan lemak tetap pada tempatnya. Ini karena lemak hanya dapat dibakar dengan aktivitas fisik seperti olahraga selama 30 menit per hari.

Berat badan adalah segalanya
Janganlah Anda terbebani dengan angka yang muncul di timbangan. Hal ini bisa membuat Anda putus asa dan tidak sabar untuk menurunkan berat badan dengan cepat.Tanamkan rasa sabar dan tetap berpegang pada kebiasaan makan yang sehat. Percayalah bahwa hal-hal baik yang Anda lakukan setiap hari akan membawa keuntungan pada tubuh.

Menurunkan berat badan paling baik dilakukan dengan kombinasi diet sehat dan olahraga. Terapkan gaya hidup sehat demi menjaga kestabilan berat badan ideal dalam jangka waktu yang panjang.