Ketik pencarian yang Anda inginkan

Pelatihan Service Excellence RSI SAKINAH Mojokerto

Pelayanan Prima (Service Excellence) di Rumah Sakit adalah bentuk pelayanan terbaik yang diberikan oleh seluruh karyawan Rumah Sakit dalam memenuhi harapan pengguna jasa rumah sakit tersebut. Service dikatakan “Excellence“ apabila pelayanan yang diberikan mampu melebihi harapan-harapan pengguna jasa rumah sakit. Oleh karena itu setiap pasien harus mendapatkan pelayanan yang terbaik sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan dan harapanya. Pelayanan terbaik ini harus sudah dirasakan mulai dari saat pertama menginjakan kaki didepan rumah sakit hingga kembali keluar dari rumah sakit. Untuk bisa memberikan pelayanan yang terbaik ini tentu dibutuhkan SDM yang berkualitas, yang benar-benar memahami arti pentingnya sebuah pelayanan dan mampu malakukanya dengan setulus hati.

Menyadari pentingnya kompetensi SDM dalam kaitanya sebagai penggerak dan pelaku dalam mewujudkan pelayanan prima ini, RSI Sakinah Mojokerto mengadakan pelatihan Service Excellence bagi staf dan seluruh karyawan, mulai dari security, reception, bidan, perawat ruangan, Asisten apoteker, dokter, maupun penunjang medis lainya yang berhubungan langsung dengan pelanggan. Pelatihan ini diikuti +/- 350 karyawan dan diadakan di Gedung Aula RSI Sakinah yang dibagi dalam 3 batch dari tgl 26 s/d 28 Februari yang lalu dengan fasilitator Bp. Prabowo Adhi (Field Training Manager Business Effectiveness PT. Hexpharmjaya) sebagai narasumber.

Pelatihan Service excellence ini merupakan komitment bersama antara PT Hexpharmjaya dan RSI Sakinah dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan Rumah Sakit terhadap masyarakat. Disamping itu pelatihan ini sejalan dengan motto RSI Sakinah yakni MEMBERIKAN PELAYAN PARIPURNA. “Service Excellence menjadi bagian paling penting dalam pelayanan di RSI Sakinah bukan hanya gedung yang mentereng, tetapi perhatian, komunikasi dan perlakuan yang baik serta tulus ikhlas. Kesalahan dalam komunikasipun dapat berakibat fatal bagi penerima jasa (Pasien dan keluarga) yang tentu saja akan mengecewakan pasien dan menurunkan tingkat pelayanan yang dirasakan“ Demikian kata dr Roisul Umam (Wakil Direktur RSI Sakinah dalam sabutanya mengawali pembukaan kegiatan pelatihan ini. Setelah pembukaan disampaikan Company Profile PT. Hexpharmjaya oleh Bp. Sugeng Widodo (Account Specialist Jawa Timur) dan dilanjutkan presentasi beberapa produk. Hal ini dilakukan agar seluruh karyawan RSI Sakinah lebih mengenal dan lebih dekat dengan PT. Hexpharmjaya.

Mengawali acara inti yakni pelatihan Service Excellence, Fasilitator mengajak dan menggiring peserta untuk merubah mindset, tentang siapa itu pelanggan (Pasien & Keluarga), Apa yang ada dipikiran pelanggan, dan apa yang ada dipikiran kita sebagai pemberi jasa pelayan. Siapa bergantung kepada siapa ? Secara perlahan peserta menemukan dan merubah sendiri mindset yang benar terhadap pelanggan. Pelatihan dibawakan dengan cara yang “ fun” melalui game-game yang relevan sehingga peserta benar-benar merasakan “experiential learning” dari pelatihan yang diikuti. Keseleruhan materi yang diberikan mencakup :

  1. Arti penting pelanggan sebagai jantung rumah sakit
  2. Perilaku dalam Service Excellence
  3. Komunikasi
  4. Titik Persepsi kritis
  5. Menangani Keluhan pelanggan

Keseluruhan acara pelatihan berakhir sekitar pukul 16.00 WIB, dan dari komentar maupun testimoni para peserta, 99 % antusias dan merespon secara sangat positif dan berharap bisa terus dilakukan diseluruh lini atau departemen.


Ditulis Oleh : Sugeng Widodo - Account Specialist - HJ Cabang Surabaya