Ketik pencarian yang Anda inginkan

Plant Visit S1 Farmasi Universitas Gajah Mada


Akhir bulan Januari, tepatnya tanggal 30 Januari 2019. Mahasiswa/i S1 Farmasi Universitas Gajah Mada Yogyakarta berkesempatan mengunjungi HJ. Kegiatan ini tidak lepas dari kontribusi Hexpharm Jaya Cikarang untuk berbagi pengetahuan bagi para calon sarjana farmasi Indonesia. Plant visit diselenggarakan diruangan yang baru saja diresmikan diawal tahun 2019 yang disebut dengan ideas room . Ruangan ini dirancang sebagai area karyawan merasakan suasana baru yang mendukung inovasi-inovasi baru muncul. Dekorasi dan tata ruang dibentuk sedemikian sehingga suasana nyaman dan tidak formal seperti ruang meeting pada umumnya.

Saat para peserta plant visit tiba diruang ideas room, mereka tampak sangat menikmati dan tidak lupa mengambil foto sebagai kenang kenangan pada beberapa dekorasi ruangan yang menarik. Kegiatan dimulai dengan sambutan hangat nan penuh tawa oleh Pak Parlindungan selaku Site Head. Beliau berpesan bahwa HJ membukan kesempatan bagi para mahasiswa/i untuk belajar dan memberikan masukan adalah bukti HJ adalah perusahaan yang mengutamakan costumer centric. Ditengah persaingan global industri farmasi, pilihan membuka dapur produksi dengan plant visit bisa saja menjadi celah, namun HJ melihat hal ini kesempatan untuk menunjukkan komitmen kepada konsumen bahwa obat yang diproduksi memiliki kualitas mutu produk yang dijaga dengan maksimal. Pemastian mutu obat dilakukan dengan menggunakan teknologi mesin yang canggih serta sistem manajemen yang baik seperti CPOB, TPM, ISO dan OHSAS.

Selanjutnya peserta berkesempatan untuk berkeliling ke departemen Logistik, QC, Produksi. Di area logistik para peserta diajak untuk melihat keseluruhan proses pengelolan, penyimpanan bahan baku sebelum di produksi. Pemateri di logistik menginformasikan vendor yang bekerja sama dengan HJ tidak sembarangan karena harus sesuai dengan kriteria yang ada. Serta setiap timbangan di HJ memiliki ketelitian yang tinggi, karena jika timbangan tidak tetap maka label tidak akan tercetak. Di area QC para peserta memperoleh wawasan terkait analisa yang dilakukan disetiap proses produksi dengan berbagai instrumen lab yang memadai. Pada area produksi, peserta memperoleh informasi yang lengkap terkait tahapan produksi mulai dari proses material mixing hingga stripping. Tidak lupa keunggulan Produksi HJ dengan memasang sensor pocket kosong dan metal detector pemateri informasikan sebagai bentuk upaya menjaga kualitas produk dan kepuasan pelanggan.

Seusai mengunjungi area, kegiatan dilanjutkan dengan coffee break bersamaan sesi edukasi inovasi HJ Biru. Pak Teddy selaku Manager Technical Support sebagai pemateri pada sesi ini. Beliau menginformasikan inovasi yang HJ lakukan dengan mengubah kemasan obat dengan warna biru adalah upaya membantu konsumen lebih muda mengenali identitas pembeda sebuah obat, karena saat ini obat generik didominasi dengan kemasan putih atau abu-abu. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, pesan kesan peserta, dan penutp. Semoga kegiatan ini terus menjadi wadah baik bagi HJ maupun para calon lulusan farmasi untuk terus berkontribusi bagi Indonesia.







Ditulis Oleh : leonardo Simanjuntak - Org.&People Dev. Supervisor - HJ Cikarang