Ketik pencarian yang Anda inginkan

Suplemen Efektif Tingkatkan Daya Tahan Tubuh? Ini Faktanya

Di tengah pandemi Covid-19, mengonsumsi suplemen dipercaya banyak orang mampu meningkatkan imun tubuh secara efektif. Padahal sebenarnya suplemen bukanlah cara terbaik untuk menjaga sistem daya tahan tubuh. Kenapa demikian? Karena, dilansir dari laman situs Kompas.com, sampai saat ini belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa suplemen mampu meningkatkan imun tubuh.

Menurut Michael Starnbach, profesor imunologi di Harvard Medical School, produk-produk suplemen yang dijual di pasaran saat ini tidak benar-benar mampu untuk meningkatkan imun tubuh. Bahkan Michael Starnbach mengungkapkan bahwa kita tidak perlu meningkatkan sistem daya tahan tubuh karena justru berisiko mendatangkan berbagai penyakit.

Hal senada juga diungkapkan oleh Profesor imunologi dan penyakit menular di Imperial College London, Charles Bangham. Menurut Charles Bangham, selama ini banyak yang salah kaprah tentang cara kerja sistem daya tahan tubuh. Padahal, peningkatan sistem imun tubuh yang berlebihan bisa memicu masalah autoimunitas dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Produk suplemen yang diklaim bisa menambah imun tubuh umumnya terdiri dari formula vitamin dan probiotik. Vitamin memang bisa membantu meningkatkan imun tubuh. Namun, hal itu bermanfaat pada mereka yang mengalami kekurangan gizi parah. Jadi, suplemen vitamin tersebut tidak didesain untuk mereka dengan kondisi kesehatan yang baik.

Nah, agar sistem daya tahan tubuh kita selalu terjaga, kita sejatinya tidak memerlukan obat atau suplemen apapun. Menurut Tim Ballard, ahli kesehatan dari Royal College of General Practitioners, cara terbaik untuk menjaga imun tubuh adalah dengan diet sehat, olahraga teratur dan selalu menjaga kebersihan diri.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Referensi: https://health.kompas.com/read/2020/03/05/120000968/benarkah-suplemen-efektif-tingkatkan-daya-tahan-tubuh-?page=all