Ketik pencarian yang Anda inginkan

TRANSFORMASI APOTEK LUK ULO : BUKTI NYATA MANFAAT HJ CUSTOMER PARTNERSHIP


BUKTI NYATA MANFAAT HJ CUSTOMER PARTNERSHIP Customer Partnership yang telah dilaksanakan di Apotek Luk Ulo telah memberikan bukti nyata manfaat program HJ Customer Partnership bagi mitra bisnisnya. Sejak dilaksanakan Training Service Excellence (TSE) pada bulan Februari 2019 lalu, Perusahaan Daerah (PD) Apotek Luk Ulo banyak sekali mengalami perubahan. Apotek plat merah milik Pemda Kab. Kebumen ini memang nampaknya sangat serius dalam meningkatkan performanya di tahun 2019 ini dan salah satu hal penting yang ingin ditingkatkan adalah tentang pelayanan kepada pelanggan. Teorinya, jika pelanggan merasa puas dengan pelayanan apotek, maka pelanggan akan kembali lagi untuk belanja di sana. Dengan mengusung tag line “Apotek yang Nyaman, Ramah dan Murah”, Customer Partnership yang dilakukan PT. Hexpharmjaya dalam bentuk Training Service Excellence (TSE) ini, diharapkan mampu membantu mewujudkan apa yang termaktub di dalam tag line tersebut.

KONDISI SEBELUM DAN SETELAH PELATIHAN

Menurut Direktur Apotek Luk Ulo, Bapak Arif Dana Putra,S.Si sebelum dilaksanakan pelatihan Service Excellence, karyawan Apotek Luk Ulo kebanyakan kurang peduli terhadap pelanggan yang datang dan bahkan seringkali terlihat judes. Raut muka yang kurang bersahabat ini sering terungkap dalam formulir kritik dan saran yang dimasukan pelanggan dalam drop box. Apalagi jika ada pelanggan yang kurang puas atau keberatan terhadap pelayanan Apotek Luk Ulo. Biasanya malah membuat karyawan bertambah judes karena tidak terima jika pelayanan mereka jelek di mata pelanggan.

Demikian pula dalam hal kekompakan team. Sebelum pelatihan Service Excellence dilaksanakan, antar karyawan tidak pernah kompak. Sifat individualis diantara mereka begitu tajam. Ada yang seenaknya sendiri dalam bekerja, ada yang rajin, ada yang jalan sendiri-sendiri. Intinya mereka tidak kompak dalam mencapai tujuan.

Standart dalam menerima telepon juga tidak seragam, padahal bisa jadi telepon itu datang dari pejabat penting di lingkungan Pemda Kab. Kebumen. Atau bisa juga dari pelanggan yang ingin konsultasi atau sekedar menanyakan obat. Alhasil, Apotek Luk Ulo pernah dijustifikasi oleh Bupati sebagai Perusahaan Daerah yang tidak profit. Jangankan untuk meningkatkan PAD, menyetor keuntungan saja ke kas daerah terasa berat. Namun setelah pelatihan Service Excellence awal tahun lalu hingga saat ini, Apotek Luk Ulo telah bertransformasi kea rah yang lebih baik. Kondisi Apotek Lukulo telah berubah total. Karyawan, khususnya bagian front liner, menjadi lebih ramah dan bersahabat. Jika ada pelanggan yang complain, mereka kini lebih sabar dalam melakukan handling complaint. Menurut ibu Dian Purwati, S.Farm., Apt selaku Apoteker Penanggung Jawab (APJ), hal yang paling terasa transformasinya adalah persoalan kekompakan team. Kini tidak ada lagi cerita individualitas, tetapi yang terdengar adalah team work. Antara karyawan front liner, bagian gudang, APJ, bagian pelayanan dan Manager sudah searah sejalan. Proses menerima telepon juga sekarang sudah terstandarisasi, sesuai dengan apa yang diajarkan dalam training yang lalu.

Nampaknya perubahan perilaku karyawan saja tidak cukup. Apotek Luk Ulo merubah pula tampilan ‘wajah’ Apotek khususnya bagian depan hingga ruang pelayanan. Permainan dekoratif putih dan balutan warna hijau muda mendominasi. Terlihat lebih segar. Etalase obat diatur sedemikian rupa sehingga lebih terlihat rapih dan bersih. Ibu Dian bercerita, sampai ada pelanggan mereka yang terpesona dengan tampilan Apotek Luk Ulo sekarang. Intinya pelanggan kini lebih nyaman ketika berada di dalam ruangan apotek.

Apotek Luk Ulo kini telah bertransformasi menjadi jauh lebih baik. Target dari Pemda terpenuhi, omset terus meningkat. Bahkan dalam beberapa waktu kedepan, Apotek Luk Ulo akan membuka cabang baru di daerah Gombong. Hal inimenjadi pertanda baik. Bahwa Training Service Excellence yang dilaksanakan oleh PT. HEXPHARMJAYA sedikit banyak telah memberikan kontribusi bagi perkembangan Apotek Luk Ulo sebagai mitra bisnisnya

HARAPAN DARI APOTEK LUKULO

Bapak Arif Dana Putera selaku Direktur PD Apotek Luk Ulo merasakan betapa bermanfaatnya pelatihan yang telah dibverikan HJ, dan beliau mengharapkan agar HJ bisa memberikan training kembali dengan bahasan atau tema yang berbeda, khususnya dalam rangka mempersiapkan pelayanan di era JKN.

Ditulis Oleh : Ali Mustofa Surur - Purwokerto