Ketik pencarian yang Anda inginkan

Hindari Stress di Tempat Kerja

Stres karena pekerjaan merupakan salah satu masalah utama kesehatan mental para pekerja di kota-kota besar. Walaupun terdengar sepele namun beberapa cara mengatasi stres dalam pekerjaan berikut ini dapat membuat Anda terlepas dari kondisi stres dan bekerja secara maksimal:

1.Menghela nafas dalam-dalam
Lakukan aktivitas ini selama 2-5 menit.Menarik nafas dalam-dalam akan membantu Anda meredakan syaraf-syaraf otak yang tegang. Selain itu, aktivitas mudah ini dapat meningkatkan fokus Anda.

2.Tertawa
Apa pun penyebabnya, tertawa memicu pelepasan hormon endorfin dan dopamin di otak Anda. Kedua hormon tersebut berperan dalam membuat seseorang bahagia.

3.Mendengarkan musik
Dengan mendengarkan lagu favorit Anda, Anda akan sedikit tenang dan rileks Pilihlah musik yang santai dan lembut.Selain itu, supaya tidak mengganggu rekan yang lain, pakai headset saat Anda mendengarkan lagu tersebut.Namun, harap ingat, jangan terlalu lama mendengarkan musik karena dapat saja atasan menegur Anda.

4.Perhatikan makanan
Konsumsi lebih banyak putih telur, berri, daging putih, ikan, kacang-kacangan dan buah-buahan untuk meningkatkan antioksidan dalam tubuh. Antioksidan berfungsi sebagai penangkal hormon stres kortisol. Hindari juga makanan yang tinggi gula, kafein yang berlebihan dan makanan berlemak.

5.Lebih banyak bergerak
Terlalu lama duduk juga bisa menyebabkan stress dan risiko mengalami radang sendi serta trombosis juga meningkat. Untuk itu, perbanyaklah bergerak. Anda bisa berdiri selama beberapa menit sekali, pergi ke toilet yang lebih jauh atau melakukan rapat di tempat yang bisa dijangkau dengan jalan kaki.