Ketik pencarian yang Anda inginkan

Sehat di Musim Hujan

Sehat di Musim Hujan

Memasuki musim hujan, tandanya musim penyakit seperti batuk, pilek, dan demam bermunculan. Penyebabnya adalah udara yang lembap sehingga bakteri dan virus penyebab penyakit bertumbuh subur.

Pada saat musim hujan memang menjadi kesempatan mikroorganisme yang membuat sakit menyerang manusia. Nah dengan meningkatkan daya tahan tubuh bisa mencegah masuknya mikroorganisme tersebut.Berikut cara- cara yang bisa dilakukan untuk tetap sehat di musim hujan :

1. Segera Mandi Setelah Kehujanan

Penyakit dengan mudah akan muncul ketika tubuh Anda mengalami perubahan suhu yang drastis. Oleh karena itu, saat tubuh basah terkena air hujan, sebaiknya Anda segera mandi dan keramas untuk menstabilkan temperatur dingin yang terbawa oleh air hujan. Saat Anda mengeringkan badan, temperatur tubuh bertahap kembali ke suhu normal.

2. Perbanyak Asupan Vitamin C

Di musim hujan, vitamin C sangat dibutuhkan kehadirannya dalam tubuh manusia karena selain dapat berfungsi sebagai antioksidan, ia juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Anda selalu bisa mendapatkan vitamin C dari berbagai jenis suplemen, tapi akan lebih baik jika Anda memerolehnya dari sumber yang alami. Vitamin C banyak terkandung dalam buah jeruk, kiwi, tomat, dan buah-buahan lain yang berwarna cerah. Agar lebih bervariasi, coba buat menjadi jus, smoothie, dessert sehat, atau dicampurkan dalam semangkuk oats sebagai menu makan pagi.

3. Tetap Berolahraga

Dengan berolahraga, Anda akan lebih fit untuk menjalani rutinitas sehari-hari. Olahraga ringan saja sudah sangat membantu seperti naik turun tangga, jogging dll. Olahraga dipercaya dapat mempertahankan kesehatan tubuhmu.

4. Konsumsi air hangat

Air hangat sangat bermanfaat untuk tubuh selain dapat menghangatkan tubuh juga sebagai detox alami agar racun dalam tubuh keluar. Rajin mengkonsumsi air hangat dapat membuat daya tahan tubuhmu lebih baik.

5. Jangan begadang

Pola tidur Anda harus sangat dijaga agar daya tahan tubuh Anda tidak menurun. Jam tidur Anda juga harus cukup dan dengan waktu tidur yang paling baik dari jam 8-9 malam. Jangan pernah begadang karena Anda tidak dapat memulihkan stamina dengan baik jika Anda begadang.