Ketik pencarian yang Anda inginkan

Trik Memasak Bermanfaat untuk Menekan Kolesterol

Menerapkan diet rendah kolesterol untuk menjaga kadar kolesterol pada kadar normal, terkadang tidak mudah. Kuncinya tidak hanya pada jenis makanan, namun juga cara mengolah masakan yang Anda konsumsi.

Kali ini kami hadirkan trik memasak sehat yang aman untuk penderita kolesterol tinggi ataupun yang ingin tetap menjaga kadar kolesterol tetap sehat, sebagai berikut:

1. Pilihlah panci atau penggorengan anti lengket.
Dengan menggunakan panci atau wajan anti lengket makanan yang dimasak sebelum nya yang meninggalkan minyak atau lemak bisa cepat dibersihkan ketika Anda akan memasak makanan lainnya sehingga tidak “mencemari” masakan selanjutnya.

2. Cermat memilih minyak dan gunakan dengan api kecil.
Gunakan minyak yang kandungan lemak tak jenuh tunggalnya tinggi, seperti canola atau minyak zaitun (olive oil). Namun saat memasak dengan minyak ini gunakan api yang kecil.

3. Buang kulit pada ayam dan lemak pada daging.
Agar makanan dari ayam atau daging sapi menjadi hidangan yang sehat buang kulit pada ayam atau lemak yang ada didaging. Tindakan ini dapat menghilangkan setidaknya setengah lemak jenuh.

4.Kurangi memasak makanan yang menggunakan saus, mayones dan sejenisnya.
Hindari menggunakan saus salad, mayones atau bahan sejenisnya pada masakan Anda. Satu salad yang dituangkan mayones, diperkirakan mengandung 10 gram lemak. Dua sendok makan Thousand Island salad dressing mengandung 12 gram lemak.

5. Manfaatkan microwave.
Microwave dapat menjadi alat untuk menyiapkan masakan rendah lemak. Alat ini dapat digunakan untuk mengukus atau memasak sayuran hanya dalam beberapa menit, sehingga sangat baik untuk orang yang menjalani diet penurun kolesterol.

6. Panggang dengan menggunakan oven.
Jika Anda pencinta makanan yang digoreng sampai terasa crispy dan crunch jangan takut tidak bisa lagi merasakan makanan ini. Gunakan teknik menggoreng dengan oven. Caranya daging atau ayam yang akan dimasak, di masukkan dalam tepung roti dari gandum kemudian semprot dengan olive oil atau canola sebelum dipanggang di oven tertutup. Daging Anda terasa renyah karena kandungan minyaknya tidak banyak.